PENGERTIAN LIMBAH  Kerusakan lingkungan disebabkan oleh limbah sebagai salah satu contoh. Limbah adalah  buangan yang kehadirannya p...

STRATEGI PENGURANGAN DAMPAK LINGKUNGAN


Hasil gambar untuk LIMBAH

PENGERTIAN LIMBAH 

Kerusakan lingkungan disebabkan oleh limbah sebagai salah satu contoh.
Limbah adalah buangan yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikhendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Limbah yang mengandung bahan polutan yang memiliki sifat racun dan berbahaya dikenal dngan limbah B3.

KLASIFIKASI PROSES INDUSRI

-Industri Primer/ input
-Industri Sekunder/ output
-Industri Tersier/ proses
Dari hasil input proses output akan menghasilkan limbah.

KARAKTERISTIK LIMBAH INDUSTRI

-Limbah Cair
limbah cair adalah limbah yang mempuyai bentuk cair. Biasanya limbah cair ini akan dibuang langsung ke saluran air seperti selokan, sungai bahkan lautan. Air buangan ini akan membawa sejumlah padatan partikel baik yang larut maupun yang tidak larut. Air bisa berwarna keruh dan bersuhu tinggi.

Industri penghasil limbah cair diantaranya.

-Industri Crayon
-Industri Besi dan Baja
-Industri Kertas
-Industri Tekstile
-Industri Minyak Goreng
Hasil gambar untuk limbah cair



-Limbah gas dan partikel
limbah gas adalah limbah yang disebabkan oleh sumber alami maupun sebagai hasil aktivitas manusia yang berbentuk molekul- molekul.Bahan bahan terakumulasi dengan udara basah sehingga massa partikel bertambah, dan pada malam hari turun bersama sama dengan embun.

Industri penghasil limbah gas diantaranya.

-Industri pupuk menghasilkan uap asam, NH3
-Industri pertambangan menghasilkan CO, Hidrokarbon, partikel
-Industri Kimia menghasilkan hidrokarbon, NH3, CO
-Indstri Pangan menghasilkan CO, H2s
-Industri Metalurgi menghasilkan CO, H2S, Hidrokarbon
Hasil gambar untuk limbah gas dan partikel


-Limbah Padat
Limbah padat merupakan buangan dari hasil- hasil industri maupun rumah tangga yang tidak terpakai lagi yang berbentuk padatan, lumpur maupun bubur. Limbah padat seperti ini apabila dibuang di dalam air pasti akan membuat air tersebut menjadi tercemar dan dapat menyebabkan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya akan mati. Sementara apabila dibuang di wilayah daratan anpa adanya proses pengolahan, maka akan mencemari tanah di wilayah tersebut.  Contoh limbah padat adalah sisa- sisa sayuran, sisa buah- buahan, bungkus makanan, plastik, kantong, sisa pakaian, sampah kertas, kabel, listrik, bubur- bubur sisa semen, dan lain sebagainya.
Hasil gambar untuk limbah padat



CARA PENGOLAHAN LIMBAH

1.Pengolahan Limbah Cair

-Pengolahan Limbah Cair berdasarkan proses fisika

penyaringan
Betujuan untuk memisahkan padatan yang tak larut
penghancuran
menghancurkan padatan menjadi lebih kecil dan seragam
perataan air
menyeragamkan aliran air pada saat terjadi pencampuran dengan bahan kimia sehingga memudahkan proses lanjutan,
penggumpalan
membentuk gumpalan partikel dengan menambah koagulan sehingga memiliki dimensi lebih besar.
sedimentasi
Proses pengendapan material

-Pengolahan Limbah Cair berdasarkan proses kimia

karbon aktif
menghlangkan senyawa organik yang sulit dipisahkan
pengendapan kimia
mengendapkan bahan yang mudah menggumpal
pertukaran ion
penjernihan
elektrolisa
memperoleh zat tertentu dalam buangan
oksidasi
menurunkan konsentrasi zat organik
reduksi
mengoksidasi amoniak oksigen

-Pengolahan Limbah Cair berdasarkan proses Biologi

Cara Aerob
pengolahan yang membutuhkan oksigen
Cara Anaerob
mengubah bahan organic menjadi metana dan karbondioksida tanpa udara.


2.Pengolahan Limbah Gas


  • Desulfurisasi. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan filter basah atau wet scrubber. Desulfurisasi ini dapat menghilangkan gas sulfur oksida sebagai hasil pembakaran bahan bakar. Selain sulfur oksida, cara ini juga dapat mengontrol jumlah gas- gas buang lainnya seperti nitrogen oksida, karbon monoksida, dan hidrokarbon.

  • Menurunkan suhu pembakaran. Cara ini dapat dilakukan dengan cara memasang alat pengubah katalitik dengan tujuan menyempurnakan pembakaran. 
  • Menggunakan bahan bakar alternatif. Penggunaan bahan bakar alternatif juga dapat menjadi cara menangani pencemaran udara oleh adanya limbah gas

Penggunaan metode fisik kimia

Metode fase gas 
Metode ini digunakan untuk menyamarkan bau busuk yang tidak disukai dengan memberikan bau- bauan yang enak. Pada dasarnya metode ini bukan untuk menghilangkan gas, namun hanya untuk menyamarkan saja.

Metode fase cair
Metode ini merupakan metode yang digunakan untuk penyerapan gas yang memiliki tingkat kelarutan yang tinggi pada zat cair. Gas buangan dialirkan kemudian dikontakkan dengan senyawa penyerap gas (adsorban) yang mana pada umumnya menggunakan air

Metode fase padat
Metode ini digunakan untuk penyerapan gas oleh senyawa penyerap atau adsorban dalam bentuk padat. Proses ini dimulai dengan melarikan gas dan mengontakkannya dengan dengan adsorban padat. Molekul gas akan terserap dan terkondensasi di permukaan adsorban secara fisik maupun kimia.

Metode pembakaran
Metode ini dilakukan dengan cara membakar langsung gas senyawa organik pada tingkat suhu yang cukup sehingga dapat menghasilkan karbondioksida dan air. Namun metode ini mempunyai kelemahan, yaitu membutuhkan biaya yang lumayan besar, sehingga banyak orang menghindari metode ini.


3.Pengolahan Limbah Padat


Penimbunan terbuka
Solusi atau pengolahan pertama yang bisa dilakukan pada limbah padat adalah penimbunan terbuka. Limbah padat dibagi menjadi organik dan juga non organik. Limbah padat organik akan lebih baik ditimbun, karena akan diuraikan oleh organisme- organisme pengurai sehingga akan membuat tanah menjadi lebih subur

Sanitary Landfill

Sanitary landfill ini menggunakan lubang yang sudah dilapisi tanah liat dan juga plastik untuk mencegah pembesaran di tanah dan gas metana yang terbentuk dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.

Membuat kompos padat
Seperti halnya penimbunan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya limbah padat yang bersifat organik akan lebih bermanfaat apabila dibuat menjadi kompos.
Daur Ulang
Limbah padat yang bersifat non organik bisa dipilah- pilah kembali. Limbah padat yang masih bisa diproses kembali bisa di daur ulang menjadi barang yang baru atau dibuat barang lain yang bermanfaat atau bernilai jual tinggi.

0 komentar: