Air merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh manusia. Semua makhluk hidup memerlukan air. Banyak fungsi yang didapat dari air...

Pencemaran Air


Hasil gambar untuk pencemaran air
Air merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh manusia. Semua makhluk hidup memerlukan air. Banyak fungsi yang didapat dari air seperti minum,mencuci,mandi,irigasi,dan sebagainya. Tanpa air kehidupan tidak dapat berlangsung.Air sendiri memiliki standar 3B yaitu tidak berbau,tidak berwarna,dan tidak beracun. Namun air bisa menjadi malapetaka jika tidak dalam kondisi yang benar dalam kualitas dan kuantitas. Dizaman sekarang semakin pesat pertumbuhan penduduk mengakibatkan banyaknya sektor industri yang tumbuh dan menghasilkan berbagai polutan yang dapat mencemari air.

Pencemaran Air merupakan keadaaan dimana adanya berbagai zat asing yang masuk ke air dan dapat bersifat merusak.Bahan asing yang masuk itu sering disebut sebagai polutan.Sebuah benda dikatakan polutan jika memiliki kadar yang sudah melampaui batas, dan berada ditempat serta waktu yang tidak tepat.Jenis polutan diantaranya berupa debu,bahan kimia,paparan radiasi,dan sebagainya. Pencemaran air terjadi jika ada polutan yang masuk kedalam air sehingga merubah bentuk dan warna dari air.Bau yang dikeluarkan dari air yang tercemar juga bau yang tidak sedap. Polutan air dapat merusak lingkungan.Semakin banyak polutan maka semakin banyak lingkungan yang rusak.

Terdapat beberapa jenis pencemaran air diantaranya

1.Pencemaran Mikroorganisme Air
2.Pencemaran dari Bahan Anorganik Nutrisi Tanaman
3.Pencemaran Bahan Kimia Organik
4.Pencemaran Bahan Kimia Anorganik


Sumber Pencemaran Air


  • Limbah Industri 
             Limbah Industri dibagi menjadi beberapa macam antara lain:limbah industri cair dan limbah industri padat.Limbah industri cair biasanya dilakukan oleh pabrik dalam bentuk cair dan dibuang langsung ke selokan maupun sungai.Limbah industri padat berupa padatan atau lumpur dari suatu proses pengolahan dari kegiatan industri.Limbah yang dibuang langsung keari sangat berbahaya jika tidak disaring terlebih dahulu dan pada akhirnya akan mencemari air yang dapat mengakibatkan ekosistem rusak dan mengakibatkan banyak makhluk hidup yang mati.
Hasil gambar untuk limbah industri



  • Limbah Pertanian
            Limbah pertanian yang masuk kedalam air sebenarnya tidak berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem air,namun karena saat ini banyak petani yang menggunakan pupuk kimia dan juga pestisida dalam jumlah yang banyak maka limbah pertanian dapat mengakibatkan kerusakan pada ekosistem yang ada.
Hasil gambar untuk pencemaran air limbah pertanian


  • Limbah Rumah Tangga
            Limbah rumah tangga berupa berbagai bahan organik dari sisa sisa makanan dan bahan anorganik misalnya plastik,aluminium,dan botol yang terbawa arus air.Sampah yang tertimbun itu menyumbat saluran air dan bisa mengakibatkan banjir saat hujan datang. Selain itu banyak pembuangan limbah hasil mandi,cuci,kakus yang  dibuang kesungai sehingga menyebabkan sungai menjadi tercemar seperti sungai-sungai yang ada diperkotaaan.
Hasil gambar untuk pencemaran air limbah rumah tangga


  • Penangkapan Ikan Menggunakan Racun
           Menangkap ikan menggunakan racun dapat mengakibatkan ikan mati dan biota yang ada didalam air menjadi rusak karena racun yang digunakan seperti racun tumbuhan dan racun kimia yang berbahaya.
Hasil gambar untuk ikan tercemar


  • Tumpahan Minyak di Laut
          Secara umum,dampak tumpahan atau pencemaran minyak dilaut dapat mengakibatkan terganggunya dan rusaknya ekosistem di laut seperti rusaknya ganggang dan plankton.Minyak yang tumpah ke perairan dapat mengapung,tenggelam,dan menguap diperairan.
Hasil gambar untuk tumpahan minyak yang dapat mencemari air


Akibat Pencemaran Air

1.Dapat mengakibatkan banjir
Sampah yang dibuang keperairan jika semakin lama semakin menumpuk maka membuat saluran air menjadi terganggu.Akibatnya air tidak bisa engalir dan saat hujan datang air dapat naik kepermukaan dan menyebabkan banjir

2.Dapat membuat sumber penyakit
Pencemaran air ini dapat menimbulkan bibit penyakit serta gangguan kesehatan yang jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit salah  satunya diare.

3.Punahnya biota di air
Tercemarnya air akibat limbah dapat mengancam kehidupan di air karena kadar 
oksigen yang ada diair akan terganggu bahkan rusak.

4.Kurangnya pasokan air bersih
Jika sumber air tercemar,masyarakat otomatis memerlukan pasokan air bersih dari  sumber lainnya.Apabila banyak lokasi yang memerlukan pasokan air bersih maka penyedia air bersih akan mengalami kekurangan pasokan.


Cara Menangani Pencemaran Air

1.Menggunakan air dengan baik
Air sebaiknya digunakan sebaik mungkin,semakin banyak air yang digunakan maka  semakin banyak juga jumlah peencemaran yang teradi.Jangan sampai air tercemar oleh limbah,karena jika sudah tercemar akan sulit untuk dibersihkan.

2.Mengurang penggunaan obat obat kimia dan pestisida
Penggunaan senyawa-senyawa kimia yang terbuang disuatu perairan akan membuatkualitas air menurun.Senyawa kimia seperti detergen,obat-obatan dapat mempengaruhi kesuburan tanah karena terbawa oleh air.Limbah yang masuk keperairan juga membahayakan biota yang ada dalam air.  

3.Mengelola limbah rumah tangga sebaik mungkin
Pemisahan sampah organik dan nonroganik sangat penting,sebab sampah yang tidak dipisahkan dengan baik dapat menimbulkan senyawa kimia yang merusak air.Limbah rumah tangga dapat diolah menjadi kompos dan dibakar.

4.Menanam pohon
Pohon selain bisa mencegah longsor juga bisa menyerap air dalam jumlah yang banyak.Pohon juga dapat menjadi sumber dari air karena semakin banyak pohon yang ditanam maka semakin banyak air yang diserap.

5.Membuang sampah pada tempatnya
Banjir adalah salah satu bencana yang dibuat oleh manusia karena membuang sampah sembarangan.Sampah yang menumpuk bisa menyebabkan sumber penyakit yang  berbahaya yang dapat dengan mudah menyebar di air.Oleh karena itu buanglah sampah  pada tempatnya dan menjaga kebersihan perairan.

6.Membuat sanitasi yang benar dan bersih
Dengan membaut sanitasi yang benar dan bersih maka limbah dapat disaring dan sumber air bersih yang lainnya menjadi tidak tercemar akibat limbah.


20 komentar:

  1. Peembahasan artikel tentang pencemaran air sudah jelas dan solusi yang diberikan mudah untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Postnya sangat bermanfaat sehingga kita bisa tahu cara menanggulangi pencemaran air

    BalasHapus
  3. Pembahasan yang bagus, materi yang cukup luas mencakup segala aspek. Sangat membantu, terimakasih infonya

    BalasHapus
  4. Artikel sudah inovatif dan tentunya menambah wawasan tentang pencemaran air, namun saya ingin bertanya bagaimana membuat sanitasi air yang benar2 bersih? Bisa jelaskan?

    BalasHapus
  5. artikel yang sangat bermanfaat, menjabarkan masalah mencakup berbagai aspek dan menambah wawasan. trims

    BalasHapus
  6. Thanks admin,
    materi yang di berikan lengkap

    BalasHapus
  7. Materi lengkap, semoga dapat diimplementasikan

    BalasHapus
  8. Sangat edukasi dan berwawasan tinggi.... Semoga bermanfaat untuk kedepannya

    BalasHapus
  9. Materi sudah lengkap dan jelas bisa menambah wawasan tentang pencemaran air

    BalasHapus
  10. Materi lengkap dan jelas, solusi yg diberikan sederhana dan bisa diterapkan dalam kehidupan. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  11. Postingan menarik & menambah wawasan pembaca

    BalasHapus
  12. Terimakasih blognya sangat membantu, semenjak adek saya belajar dari sini dia jadi mendapat nila 100 di kelasnya dalam pelajaran Biologi Lingkungan…Apalgi sangat bermanfaat bagi kita dalam mencegah&menanggulangi pencemaran tsb…

    BalasHapus
  13. Materi artikel yang disampaikan sangat membantu saya dalam memahami materi pencemaran lingkungan ini, dari segi Bahasa maupun tema yang disampaikan cukup ringan. Terima kasih atas info nya^^

    BalasHapus
  14. Bagus sekali artikel ini membahas isu pencemaran yg sudah banyak terjadi semoga artikel ini bisa menyadarkan orang mengenasi kebersihan

    BalasHapus
  15. Artikel yang sangat membantu saya untuk mengerti! oiya saya ingin bertanya, apakah ada peraturan yang dapat menciduk pelaku pencemaran air?

    BalasHapus
  16. Materi yang di artikel ini dapat menambah wawasan saya khususnya di pencemaran air terima kasih

    BalasHapus
  17. sangat menarik dan juga informasinya lengap. Disertai dengan bahasa yang mudah dimengerti membuat pembaca jd tidak bosan

    BalasHapus
  18. Materi sudah lengkap dan jelas bisa menambah wawasan tentang pencemaran air

    BalasHapus
  19. Mantap gan, materinya sangat jelas dan mudah dipahami. Menurut pendapat anda apa yang harus dilakukan untuk mengatasi limbah-limbah pencemar yang berasal dari perindustrian?

    BalasHapus
  20. Materi yang disampaikan bisa lebih rinci dan fokuskan pada pembahasan solusi teknologi yang bisa dikembangkan

    BalasHapus