1.Environmental Management System   Environmental Management System   adalah bagian dari keseluruhan sistem manajemen yang mencakup perenc...

ENVIRONMENTAL MANAGEMENT SYSTEM


1.Environmental Management System 
Environmental Management System adalah bagian dari keseluruhan sistem manajemen yang mencakup perencanaan struktur organisasi, kegiatan, tanggung jawab, praktik, prosedur, proses, dan sumber daya untuk mengembangkan, menerapkan, mencapai, mengkaji, dan memelihara kebijakan lingkungan. 

   
2.Pengertian ISO
ISO adalah Organisasi Internasional untuk Standardisasi. Ini memiliki keanggotaan 160 standar nasional lembaga dari negara besar dan kecil, industri, perkembangan, dan transisi,di seluruh wilayah dunia. Misi dari ISO adalah mendukung pengembangan standardisasi dan kegiatan-kegiatan yang lainnya dengan harapan untuk membantu perdagangan internasional, dan juga untuk membantu pengembangan kerja sama secara global di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan perkembangan ekonomi.
Hasil gambar untuk gambar iso

Penerapan ISO di suatu perusahaan beguna untuk
  • Meningkatkan citra perusahaan
  • Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan
  • Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
  • Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
  • Mengurangi risiko usaha
  • Meningkatkan daya saing
  • Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
  • Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal


3.Macam-macam ISO


a.ISO 14001
(Sistem Manajemen Lingkungan) merupakan sistem manajemen perusahaan yang berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.
Gambar terkait

b.ISO 9000
kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM). ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO, yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. ISO 9000 pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 oleh Internasional Organization For Standardization Technical Commite (ISO/TC) 176.
ISO 9000 mencakup standar-standar di bawah ini:

  • ISO 9000 - Quality Management Systems - Fundamentals and Vocabulary: mencakup dasar-dasar sistem manajemen kualitas dan spesifikasi terminologi dari Sistem Manajemen Mutu (SMM).
  • ISO 9001 - Quality Management Systems - Requirements: ditujukan untuk digunakan di organisasi manapun yang merancang, membangun, memproduksi, memasang dan/atau melayani produk apapun atau memberikan bentuk jasa apapun.
  • ISO 9004 - Quality Management Systems - Guidelines for Performance Improvements: mencakup perihal perbaikan sistem yang terus-menerus. Bagian ini memberikan masukan tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sistem yang telah terbentuk lama.
  • Hasil gambar untuk gambar iso 9000 Hasil gambar untuk gambar iso 9001

c.. ISO 14010-14015
Adalah suatu alat manajemen untuk menguji efektifitas atau kinerja perusahaan dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan dengan menggunakan kriteria audit yang disepakati, didokumentasikan dan hasilnya dikomunikasikan kepada klien
Diselenggarakan oleh SC-2 yang fokus pada :
-Prinsip audit
-Prosedur audit
-Kualifikasi auditor
-Penilaian lokasiAnalisis lingkungan
d.Eco labilling : ISO 14020-14024
Eco labilling berkaitan dengan pernyataan lingkungan, periklanan, dan pemasaran.Terdapat tiga kategori pada Eco labilling diantaranya.
-Tipe 1: produk ramah lingkungan
-Tipe 2: Berkaitan dengan spesifikasi produk, misal: reuse product
-Tipe 3: terkait dengan dampak produk terhadap lingkungan
e.Life Cycle Analysis : ISO 14041-14044
Life Cycle Analysis (LCA) adalah alat untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi aspek lingkungan dari produk dan layanan dari “buaian ke kuburan”: mulai dari ekstraksi masukan sumber daya sampai pembuangan produk atau pemborosannya. Standar ISO 14040 memberikan panduan mengenai prinsip dan pelaksanaan studi LCA yang memberi informasi kepada organisasi tentang bagaimana mengurangi dampak lingkungan keseluruhan dari produk dan layanannya
Hasil gambar untuk life cycle analysis iso





0 komentar: